PENGURUS DKM PERIODE 2010-2013 :

30 September 2008

SAMBUTAN DKM AL-ISTIQOMAH TENTANG I'DUL FITRI

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kaum Muslimin dan Muslimat Rohimakumullah.
Dalam suasana yang fitri dengan penuh kebahagiaan dan berkah ini, marilah kita persembahkan segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT dengan mengagungkan asma Allah, karena saat ini kita merayakan suatu hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri 1429 Hijriah denga penuh suka cita serta syukur kepada Allah SWT.
Di penghujung bulan suci ramadan ini, kita sebagai umat Islam, sungguh dapat merasakan betapa beratnya menjalani suatu ujian, yakni berpuasa sebulan penuh menahan haus dan lapar, dan tidak itu saja, yang paling berat adalah melawan hawa nafsu dengan berbagai godaan yang dirasakan begitu berat. Namun alhamdulillah kita semua telah berhasil melampaui semua itu, dengan menjadi pemenang pada hari yang fitri ini.
Selama sebulan penuh dibulan ramadan dengan melaksanakan berbagai amaliyah ramadan yang dibarengi dengan memperbanyak tasbih serta dzikir, melipat gandakan infaq dan sadaqah, termasuk membayar zakat Fitrah maupun zakat Mal, sehingga mudah-mudahan kita menjadi orang yang muttaqin di hari yang suci dan penuh kemenangan serta kebahagiaan ini. Namun dari pada itu, disamping kita bergembira saat ini, yang sangat penting adalah membuka pintu maaf selebar-lebarnya dan menghilangkan segala prasangka buruk antara sesama umat. Mari kita rayakan hari yang fitri ini, dengan tekad membersihkan diri, hati serta menghilangkan sifat benci, iri hati, dengki, dan segala sifat-sifat tercela lainnya, serta menggantinya dengan marhamah dan marhabban serta kasih sayang untuk mendapatkan keridhoan Allah SWT, sehingga kita benar-benar menjadi orang muttaqin.
Pada konteks seperti inilah, letak dari pada hakekat serta makna dari Hari Raya Idul Fitri tersebut, karena dengan saling maaf-memaafkan diantara kita umat manusia, khususnya kaum muslimin atas segala kekhilafan, kesalahan dan kekurangan yang kita lakukan selama ini, baik yang di sengaja maupun tidak disengaja, maka di Hari Raya Idul Fitri semua itu, insya Allah SWT akan hapus, karena kita telah saling bermaaf-maafan, dan insya Allah telah membalasnya dengan keampunan atas segala dosa dan kekhilafan yang kita lakukan tersebut. Mudah-mudahan dengan ampunan Allah SWT tersebut, akan menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang benar-benar bertaqwa dan beriman kepada-Nya.
Kaum Muslimin dan Muslimat, yang berbahagia.
Dalam bersukaria menyambut Hari Raya Idul Fitri ini, kiranya segala sikap dan perilaku kita benar-benar mencerminkan sebagai pribadi yang teguh dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Apalagi karena telah berhasil melampaui segala ujian dan cobaan selama bulan suci ramadan. Dengan berbekal itu, mari kita tingkatkan disiplin, pengendalian diri, toleransi serta kerja keras kita semua, guna diaktualisasikan dalam pembangunan, dapat kita lalui dengan sukses, menuju terwujudnya masyarakat lingkungan Al-Istiqomah dan sekitarnya yang sejahtera lahir dan bathin, sebagaimana cita-cita kita bersama yang dituangkan pada Visi Pemda Kabupaten Sukabumi, terwujudnya perubahan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang ber-akhlak mulia produktif dan sejahtera.
Oleh karena itu, dengan semangat Idul Fitri 1429 Hijriah ini, mari kita bangun masa depan masyarakat kita yang lebih baik, dan sejahtera. Kemudian dengan momentum Idul Fitri ini, marilah pula kita jadikan sarana membangun silahturahmi, demi tegaknya ukuwah Islamiyah sesama muslim dan tegaknya persatuan dan kesatuan dalam konteks, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Apalagi ditengah kondisi bangsa kita saat ini, hubungan silahturahmi yang semakin kokoh sangat diperlukan. Dengan demikian Idul Fitri dapat menjadi kekuatan dalam rangka kita membangun kehidupan dimasa depan yang lebih baik.
Selanjutnya pada kesempatan yang berbahagia ini, ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan kepada kita semua,
Pertama : Dengan idul Fitri 1429 Hijriah, dapat diambil berbagai nilai-nilai serta hikmah yang sungguh mulia, dalam rangka membangun ukuwah Islamiyah serta memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara kita.
Kedua : Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat Islam, apalagi dibarengi dengan bermaaf-maafan diantara sesama muslim. Oleh karena itu, Idul Fitri menjadi momentum penting dalam membangun rasa kepedulian kita semua, terhadap kaum dhuafa, anak yatim, sehingga masalah kemiskinan disekitar kita dapat diperkecil persentasenya. Dalam rangka peduli terhadap perhatian kaum dhuafa kami bidang Imaroh DKM Al-Istiqomah secara rutin setiap tahun menampung Zakat, Infak, Sodakoh dan menyalurkannya kepada yang berhak menerimanya, pada kesempatan ini kami sampaikan laporan pertanggungjawaban panitia unit pengelola zakat, ;
Alhamdulillah dari mulai perencanaan s/d pelaksanaan pengumpulan Zakat dan penyalurannya kepada para mustahiq terlaksana dalam keadaan lancar sesuai yang direncanakan, selanjutnya hasil pengumpulan dan penyalurannya sebagai berikut ;

Penerimaan titipan dari pemberi zakat ( Muzaki ) dari warga jemaah lingkungan mesjid Al-Istiqomah yang meliputi 7 RT di dua desa yaitu Ds. Purwasari dan Ds. Nyangkowek.
Dengan rincian sebagai berikut :
1.zakat fitrah yang diterima berupa beras dari ke 7 RT seluruhnya berjumlah 1.856 liter.
2.Zakat Mal diterima dari :
1.Bpk H.Jaenudin Rp 200.000,-
2.Bpk. Mustopa Rp 300.000,-
3.Keluarga Al Bahar Rp 1.000.000,-
4.Bp.Endang Sulaeman Rp 250.000,-
5.Ibu Elin Katili Rp 500.000,-
6.Hj.Mamah Suganda Rp 100.000,-
7.Bpk H Aden Muhamad Rp 1.000.000,-
8.Bpk Wawan bin Daman Rp 100.000,-
9.Bpk H.Dodo Sudrajat Rp 1.000.000,
10.Bpk Supriatna Rp 500.000,-
11.Bpk H. Ijang Kosasih Rp 500.000,-
12.Ibu Hj Euis SPBU Rp 500.000,-
13.Bpk Nur Fajar Rp 400.000,-
14.Bpk Nilwan Rp 50.000,-
15.Rd.Roro Diana Eka WatiRp 125.000,-
Jumlah seluruhnya Rp.6.545.000,--
3.Sodakoh :
1. Hj.Nyai Rp 20.000,-
2. Bpk Nana Juhana Rp 500.000,-
Jumlah Rp 530.000,-

Penyaluran sudah kami berikan kepada para mustahiq yang dilaksanakan pada Selasa tanggal 29 September 2008 bertepatan dengan tanggal 29 Romadhon 1429 H dengan rincian mustahiq tiga keriteria asnap yaitu ; Fakir Miskin dengan alokasi bagiannya 90 %, Sabilillah 8 % dan Amilin/Panitia 2 %, sehingga masing-masing mendapat bagian sebagai berikut :
1.Fakir Miskin berjumlah 267 Orang, masing2 memperoleh bagian per orang, berupa beras sebanyak 7 liter, Uang Rp. 23.000,--

2.Sabilillah yang terdiri dari ; Para guru ngaji, para Imam dan para petugas pengelola marebot mesjid semuanya berjumlah 18 orang, masing-masing memperoleh bagian per orang berupa beras sebanyak 6 Liter dan uang sebesar Rp. 20.000,00

3.Amilin / panitia 5 orang dan petugas paking beras berjumlah 7 orang, masing-masing memperoleh bagian per orang, berupa beras sebanyak 5 Liter dan uang sebesar Rp. 15.000,-
Dalam kesempatan ini pula kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mempercayakan kepada panitia untuk mengelola dan menyalurkan zakat kepada para mustahiqnya, dan kami dari Pengurus DKM menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Panitia UPZ yang telah melaksanakan tugasnya sebagai pengelola dan penyalur Zakat mulai sejak perencanaan sampai pelaksanaan pembagian kepada para Mustahiq yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 29 September yang lalu
Ketiga : berkenaan dengan pelaksanaan peribadatan, kami dari Pengurus mengucapkan terima kasih kepada semua Imam Tarawih dan Muroqi beserta para petugas pengelola Mesjid yang telah mengabdi dalam pelaksanaan peribadatan di Mesjid Al-Istiqomah ini, semoga amal baik semuanya diterima Allah SWT.
Keempat : berkenaan dengan Program Bidang Ri-ayah (Pemeliharaan/pembangunan sarana) , salah satu kegiatannya, pemeliharaan Mesjid dan sarana lainnya yang pendanaannya yaitu dari penerimaan uang sodaqoh Koropak Taraweh selama bulan Ramadhon . Uang titipan ini adalah merupakan amanah yang perlu adanya keterbukaan dan dipertanggungjawabkan kepada semua pihak, laporannya sebagai berikut :
Penerimaan selama bulan Ramadhon ;
1.Keropak terawih bapak-bapak Rp. 1.052.200,-
2.Keropak terawih Ibu – ibu Rp. 1.568.200,-
3.Para Dermawan diterima Rp. 2.235.000,-
Jumlah penerimaan Rp. 4.808.400,-
Pengeluaran :
Biaya pembuatan tempat wudu Rp 6.516.500,-
Sementara pemasukan kas tarawih dan sodakoh diterima Rp 4.808.400,- berarti kekurangan Rp 1.708.100,-, untuk menutupi kekurangan tersebut diambil dari kas DKM.

Ke-lima : Kepada kaum Muslimin mari kita sambut momentum Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1429 Hijriah ini, dengan sebaik-baiknya yang dibarengi rasa kekeluargaan dan ukuwah Islamiyah, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
Demikianlah beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, untuk menjadi perhatian kita bersama.
Akhirnya, kepada segenap kaum Muslimin dan Muslimat, atas nama Rengrengan Pengurus DKM Al-Istiqomah beserta keluarga, kami mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1429 Hijriah, Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin?.
Semoga Allah SWT, menerima segala amal ibadah puasa kita dalam menuju hari depan yang lebih baik.
Terima Kasih atas segala perhatian dan kerjasamanya.
BILLAHI TAUFIK WAL HIDAYAH,
WASSALAMU’ALIKUM WR.WB.
Yang menyampaikan Wakil Ketua DKM ( Cece Suryadi )

0 komentar:

 
Copyright © 2008 Yayasan Al Istiqomatul Amanah Sukabumi, by partner site Nesscera | Template feito por Templates para Você 2007